24/12/14

Sri Rahayu Kepala BPBD Pertama di Blora

PELANTIKAN: Sejumlah pejabat struktural dan kepala sekolah dilantik, Selasa (23/12). Mereka diantaranya adalah pejabat dan pegawai yang bertugas di BPBD. (Foto: suaramerdeka.com/Abdul Muiz)
BLORA – Kabupaten Blora secara resmi telah membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Setelah sebelumnya peraturan daerah (perda) tentang Pembentukan BPBD ditetapkan pada 14 Oktober 2014, kini giliran pengisian jabatan dan penugasan staf yang berdinas institusi tersebut ditetapkan.
Bupati Djoko Nugroho melantik pejabat dan staf BPBD, di Pendopo Rumah Dinas Bupati, kemarin. Pelantikan dilakukan bersamaan dengan mutasi 83 pejabat struktural dan 142 kepala sekolah SD/sederajat hingga SMA/sederajat. Sri Rahayu yang sebelumnya menjabat sekretaris Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan (BPMPP) dipercaya menjabat kepala pelaksana BPBD.
‘’Ini hari yang bersejarah. Ada institusi baru di lingkup Pemkab Blora, yakni BPBD,’’ ujar Djoko Nugroho dalam sambutan pelantikan.
Menurut bupati, pemkab merencanakan akan membangun gedung baru yang akan ditempati BPBD dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Hanya saja sebelum gedung tersebut dibangun, BPBD dipersilahkan menempati gedung keluarga berencana (KB) yang berada di depan Rumah Sakit Umum Daerah Dr R Soetijono Blora. ‘’Untuk sementara silahkan gedung KB itu dipakai BPBD,’’ tandas bupati.
Sebelum BPBD dibentuk, tugas penanganan bencana daerah berada di Satpol PP. Untuk memisahkan kedua lembaga tersebut, Pemkab Blora bersama DPRD membuat perda baru. BPBD adalah lembaga yang sudah lama ditunggu keberadaannya di Blora. Dari 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah, 34 diantaranya sudah membentuk BPBD.
Dari 34 kabupaten tersebut, pembentukan BPBD-nya dilandasi peraturan daerah sebanyak 28 kabupaten dan kota dan peraturan bupati sebanyak 16 kabupaten dan kota. Blora adalah salah satu kabupaten yang pembentukan BPBD-nya diatur dalam perda. Dengan dibentuknya BPBD, tugas penanganan bencana yang terjadi di daerah diharapkan akan lebih fokus. (Abdul Muiz/CN39/SM Network)

0 komentar:

Posting Komentar