09/06/15

Ratusan Satpol PP Se Jateng, Ikuti Jambore di PTP. Pagilaran Kab. Batang

Asisten I Pemerintahan Sekda Provinsi Jawa Tengah menyematkan pita tanda peserta jambore Satpol PP ke V tahun 2015 yang berlangsung di lapangan Bola PTP Pagilaran, Kec. Blado Kab. Batang.
BATANG - Ratusan Satuan Polisi Pamong Praja se Jawa Tengah mengikuti Jambore Satpol PP ke V tahun 2015 yang berlangsung di lapangan Bola PTP Pagilaran, Kecamatan Blado, kabupaten Batang Selasa (9/6) yang direncanakan selama tiga hari hingga 11 Juni.
Asisten I Pemerintahan Sekda Provinsi Jawa Tengah Siswo Laksono SH MKn selaku Pembina Upacara dalam pembukaan Jambore mengatakan, keberadaan Satpol PP merupakan salah satu potensi sumber daya aparatur yang perlu diberdayaakan dan didayagunakan peran dan fungsinya, sehingga menjadi pendorong pembangunan yang efisien dan efektif.
“Utamanya dalam pelaksanaan tugas penegak peraturan daerah yang memiliki potensi sumber PAD serta menjaga ketentraman,” tutur Siswo yang membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Disampaikan juga, Satpol PP tidak dibenarkan menjadi eksekutor dengan mengambil keputusan langsung dan bersifat sepihak dalam menegakkan perda, tetapi harus melalui jenjang hirarki sesuai dengan substansi materi yang terkandung dalam perda tersebut.
Satpol PP yang baik adalah mereka yang mampu melakukan penegakan perda dengan cara-cara manusiawi, persuasif dan manusiawi serta murah senyum. “Istilahnya adalah nguwongke, jangan asal melarang tanpa penjelasan kepada pihak-pihak yang menjadi objek penertiban,” katanya.
Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Tengah M Masrofi, menjelaskan, kegiatan Jambore bertujuan untuk meningkatkan kapasitas personil yang terlibat dalam Jambore dan difokuskan untuk mengasah ketrampilan dan pengetahuan dasar tugas fungsi Satpol PP yang dikemas dalam bentuk kegiatan lomba, asah pengetahuan dan ketangkasaan individu maupun beregu dan sarasehan.
“Kegiatan ini juga mengarah kepada disiplin sikap mental dan kesemaptaan jasmani serta kekompakan yang dikemas dalam bentuk outbond, mengembangkan kepedulian dan kepekaan terhadap lingkungan alam dikemas dalam kegiatan bakti sosial, kegiatan sosialisasi dan hiburan kepada masyarakat serta peduli kebersihan lingkungan,” jelas Masrofi.
Peserta jambore Satpol PP ke V tahun 2015 dalam Upacara Pembukaan.
Diakhir kegiatan jambore, akan dipilih tim terbaik yang akan mewakili Jawa Tengah pada jambore Nasional (Nasional Corp Building) di Palembang, Sumatera Selatan tahun 2015.
Dalam kegiatan tersebut, Asisten Pemerintahan Sekda Proviinsi Jawa Tengah berkesempatan menyerahkan bantuan 1 paket peralatan jasa boga senilai Rp 25 juta, bantuan 50 paket lauk pauk kepada korban banjir dan rob, bantuan Program Pemberdayaan berupa 1 unit traktor dan 1 unit mesin jahit, bantuan program pugar rumah tidak layak huni senilai Rp 350 juta, bantuan sosial 225 paket sembako, pengobatan umum gratis kepada masyarakat Pagilaran yang meliputi layanan kesehatan mata, deteksi katarak, fungsi paru dan konseling HIV/Aids serta sosialisasi alat kontrasepsi KB.

0 komentar:

Posting Komentar